Selasa, 16 Maret 2010

The New Windows Phone 7



Akhirnya Microsoft meluncurkan Windows Phone 7, SO smartphone terbarunya di ajang Mobile World Congress 2010 di Barcelona, Spanyol. CEO Microsoft Steve Ballmer langsung memamerkannya Senin (15/2/2010).

"Windows Mobile telah mati," ujar Aaron Woodman, Director of the Mobile Communications Business.

"Anda bisa lihat kami terus berinvestasi di 6.5, namun yang baru ini adalah generasi terbaru secara keseluruhan," kata Steve Ballmer. "Untuk mendukung kekayaan Windows Phone 7, Microsoft menyediakan satu perangkat pengembangan yang baru dan akan diumumkan bulan depan dalam ajang MIX" katanya pula.

Windows Phone 7 tampil dengan gaya terbaru, jauh dari kesan Windows yang selama ini terbiasa dengan menu Start. Dalam demonya, Microsoft mencontohkannya pada perangkat yang bentuknya seperti Zune, music player buatannya yang berkesan sangat mewah dan kaya akan fitur multimedia berlayar lebar.

Tampilannya berubah sangat drastis sehingga dapat bersaing dengan tampilan iPhone, Android, ataupun WebOS. Cover depan ponsel tersebut menampilkan ikon berukuran besar yang menampilkan menu Call, SMS, status FB, Photo, dan shortcut ke layanan online XBox Live. Bagi pengguna Zune HD, gayanya mungkin familiar, tapi buat pemakai Windows Mobile ini adalah karya terbaru.

Microsoft juga menambahkan fitur yang disebut People, sehingga lebih intuitif untuk mengakses Foto, Video, dan Game yang merupakan perpaduan kekuatan platform paling anyar ini. Windows Phone 7 sangat mendukung layanan jejaring sosial dengan mengintegrasikan alamat kontak ke dalam menu ponsel. Windows Phone 7 juga menyediakan pengalaman multimedia dalam bermain game dengan mengintegrasikan layanan game online XBox Live.

Setiap perangkat yang mengguanakan Windows Phone 7 dilengkapi tiga tombol short cut di bagian depan. Masing-masing tombol start untuk membuka semua menu, search untuk mengakses langsung layanan pencarian Bing, dan back untuk melakukan perintah kembali ke menu awal.

Ballmer menyatakan perangkat pertama dengan Windows Phone 7 akan tersedia akhir tahun nanti. Meski produk contoh yang digunakan dari basis Zune, Microsoft memastikan tidak akan membuat hardware sendiri melainkan menggandeng para mitranya selama ini.

Tidak ada komentar: